Pengaruh Pengetahuan, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah (Studi Kasus Pada Pegadaian Syariah Kabupaten Kendal)
Abstract
This study aims to analyze the effect of knowledge, promotion of service quality on customer interest in using sharia pawnshops. The object of this research is sharia pawnshop customers. This study uses convenience sampling method and the determination of the sample using the slovin formula obtained as many as 100 respondents. Data was collected using a questionnaire method distributed to 100 respondents, data processing using SPSS 22. Based on the results of the analysis using the t test with a significant level (5%) 0.05; it can be concluded that knowledge with a significant 0.66 < 0.05, no significant positive effect on customer interest, promotion 0.000 <0.05 has a significant positive effect on customer interest, service quality 0.074 < 0.05 has no significant positive effect on customer interest
References
Abror, Abrurrohmah. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.
Aini, A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat terhadap Minat menjadi nasabah Bank Muamalat Cabang Kendal…. 12-40.
Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga : STAIN Press.
Engel F, Blackwell D dan Miniard W. 2011. Perilaku Konsumen. Tangerang: BINARUPA AKSARA Publisher.
Ghozali, Imam (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Guspia Ningsih, G. N., Dayyan, M., & Nurjanah, N. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Berinvestasi Logam Mulia Di Pegadaian Syariah Langsa Barat. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(1), 87–110. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v3i1.1297
Habiburahim, Muhammad. 2012. Mengenal Pegadaian Syariah. Jakarta: kuwais.
Hadijah, S., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2015). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN JASA PEGADAIAN SYARIAH KANTOR CABANG PEGADAIAN SYARIAH ( KCPS ) DENPASAR.
Heni Purwningsih. (2020). Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Empiris pada Nasabah Bank Syariah di Gunungkidul).
Husein, Umar, 2002, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Jakfar, K. D. (2012). Studi Kelayakan Bisnis Cet Kedelapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Jinzhe Yan, Kyuseop Kwak. 2016. Empirical Study on Omni-Channel Effect: Eviden form Departement Store Tersedia.
Kosasih, A., & Liu, F. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Dan Promosi Terhadap Minat Beli Pelanggan (Pada Populer Bakery). “Journal of Economic and Bisnis,” hal : 381.
Kotler, P.,&Keller,K.L. 2009. Manajemen Pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Nasution, M.N., Manajemen Jasa Terpadu, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2004) .
Nurul Huda, K. H. (2017). Pemasaran Syariah: Teori & Aplikasi. Depok: Kencana.
Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.
Peter and Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Marketing Strategy. Jakarta: Salemba Empa
Rifki, M. (2008). Akuntansi Keuangan Syariah: Konsep dan Implementasi PSAK Syariah. Yogyakarta: P3EI Press.
Romdhoni AH, Ratnasari D. Pengaruh Pengetahuan , Kualitas Pelayanan , Produk , dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Ilmiah J, Islam 2018;4(02):136-147.
Rukmanasari, F. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Nasabah menggunakan jasa pegadaian syariah (Pegadaian Syariah Majapahit Semarang). 1-28.
Rusdianto, P. (2016). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Minat Masyarakat Menjadi Muzakki Pada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa.
Sari dan Sudardjat. 2013. Persepsi Masyarakat Tentang Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1. No. 2. Siswanti, Ind
Sugesti, N. L., Kusniawati, A., Haris, F., Prabowo, E., Ekonomi, F., Galuh, U., … Bank, N. (2019). Omni-channel marketing. 1, 92–101.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran(Konsep, Strategi, dan Kasus). Yogyakarta : CAPS (Center of Academic Publising Service).
Tjiptono, Fandy. (2005). Service, Quality, & Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Ulwiyah, K. Maskudi. Ayuningtyas, D,R. 2019. “The impact of service quality dimensions to customer decision in using pawn service in pawnshop based on sharia principle (case study in pawnshop based on syariah principle at branch Semarang).” Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding. Vol. 2, 2019, 49-55.
Waris, Abdul, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Penerapan Prinsip-Prinsip Syari‟ah Terhadap Minat Hotel Syari‟ah (Studi Kasus pada Hotel Graha Agung Semarang), Semarang IAIN Walisongo Semarang 2010.
Yuliawan, Eko. “Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Pt. Bank Syariah Cabang Bandung.” Jurnal Wira Ekonomi MikroskilVolume 1, Nomor 01, April 2011. 21-30
Copyright (c) 2023 Muhamad Muljafar, Muhammad Fauzi , Risti Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Rekognisi Ekonomi Islam menyetujui ketentuan berikut:
- Jurnal memegang hak cipta dan penulis memberikan jurnal hak publikasi pertama dari karya secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan publikasi awalnya dalam hal ini. jurnal.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat Open Access Statement).