Faktor Pendorong Perusahaan Melakukan Transfer Pricing

  • Siti Aliyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ela Amelia Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: tax, foreign ownership, company size, bonus mechanism, transfer pricing

Abstract

Abstract

This study aims to measure and analyze the effect of taxes, foreign ownership, company size and bonus mechanisms on transfer pricing in manufacturing sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2020. The analytical method used is descriptive statistical analysis, classical assumption test, multiple linear regression analysis and hypothesis testing using the SPSS application. Determination of the sample in this study using purposive sampling technique so that the number of research samples obtained is 160 companies. The results of this study indicate that taxes have a positive effect on transfer pricing. This means that the higher the tax that must be paid, the more transfer pricing will increase. Foreign ownership has no effect on transfer pricing. This means that high or low foreign ownership will not increase transfer pricing. Firm size has a positive effect on transfer pricing. This means that the larger the size of the company, the more transfer pricing will increase. The bonus mechanism has no effect on transfer pricing. This means that the high or low bonus mechanism will not increase transfer pricing.

References

Chalimatussa’diyah, Nur, Nur Diana dan M. Cholid Mawardi. 2020. Pengaruh Pajak, Tunelling Incentive dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2015-2018. E-JRA Vol. 9 No. 6. Hal. 66-81.

Christina, Isabella Yora dan Triana Murtiningtyas. 2021. Analisis Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing. Jurnal Administrasi dan Bisnis Vol. 15 No. 1. Hal. 16-21.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Humairo, Luthfiyyah Jihan dan Ayu Furry Pustpita. 2019. Pengaruh Pajak terhadap Keputusan Transfer Pricing Perusahaan (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Jurnal Akuntansi Vol. 1 No.1. Hal. 1-10.

Ilmi, Fahimatul dan Dewi Prastiwi. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Inovasi Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing Aggressiveness. AKUNESA Jurnal Akuntansi Unesa Vol. 8 No. 2. Hal. 1-9.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2011. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Kurniawan, Anang Mury, 2015. Transfer Pricing untuk Kepentingan Perpajakan. Yogyakarta: Andi Merdeka.

Kusumasari, Fadilah dan Sukarmanto. 2018. Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing (Studi Empiri pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Jurnal Prosiding Akuntansi Gelombang 2. Hal. 766-774.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarya: Andi.

Melmusi, Zerni. 2016. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan yang Tergabung dalam Jakarta Islamic Index dan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal EKOBISTEK Vol. 5 No. 2. Hal. 1-12.

Prabaningrum, Dyah Detari, Titiek Puji Astuti dan Yunus Harjito. 2021. Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan dan Ukuran Perusahaan terhadap Perusahaan Melakukan Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018). Jurnal Edunomika Vol. 5 No. 1. Hal. 47-61.

Prananda, Rihhadatul’Aisy dan Dedik Nur Triyanto. 2020. Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Exhange Rate dan Kepemilikan Asing terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing. Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen Vol. 9 No. 2. Hal. 211-225.

Putri, Fanny Aulia, Liana L. K dan Ida Farida P. Pengaruh Pajak terhadap Praktik Transfer Pricing. Journal of Business Management Education Vol. 5 No. 3. Hal.24-31.

Rahmat, Radhi Abdul Halim. 2019. Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol. 7 No. 1. Hal. 21-30.

Ravensky, Heru dan Taufiq Akbar. 2020. Pengaruh Beban Pajak, Mekanisme Bonus dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Seminar Nasional Perbanans Institute. Hal. 295-305.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Shodiq, Ja’far, Kesi Widjajanti dan Endang Rusdianti. 2016. Determinan Keputusan Transfer Pricing (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2011 s.d 2014). Jurnal Magister Manajemen Vol. 2 No.1. Hal. 85-105.

Suandy, Erly. 2014. Hukum Pajak (Edisi Keenam). Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tiwa, Evan M, David P.E Saerang dan Victoria Z. Tirayok. 2017. Pengaruh Pajak dan Kepemilikan Asing terhadap Penerapan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2013-2015. Jurnal EMBA Vol. 5 No. 2. Hal. 2666-2675.

Published
2023-08-07
Section
Articles