Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Mengambil Keputusan Jual Beli Emas Di Kalinyamatan Jepara Dalam Perspektif Islam

  • ANWARUSSAID Universitas Islam Nadhlatul Ulama Jepara
  • Edi Susilo Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Moch Aminnudin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Perilaku Konsumen, Jual Beli, Faktor Pengambilan Keputusan, Pengambilan Keputusan

Abstract

Masyarakat Kalinyamatan Jepara dominan beragama islam. Sebagai seorang muslim, hendaknya dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli perlu dilandasi perilaku yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan jual beli emas di Kalinyamatan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskkriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kalinyamatan Jepara yang melakukan transaksi jual beli emas dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan bantuan analisis menggunakan program SPSS versi 25.

Variabel independen dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen (X1), jual beli (X2), dan faktor pengambilan keputusan (X3) variabel dependen pengambilan keputusan (Y). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya perilaku konsumen yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang dengannilai thitung sebesar 1,966 dan nilai probabilitas signifikansi 0.050, sedangkan jual beli dan faktor prngambilan keputusan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Kemudian berdasarkan Uji F perilaku konsumen, jual beli, faktor pengambilan keputusan secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terahadap variabel pengambilan keputusan.

References

Dwita Darmawati, Bambang Subekti, Sri Murni S, S. (2007). Anzlisis Pengaruh Kebudayaan, Sosial,Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Shar’e. Jurnal Managemen, 16–32.
Handayani, S., & Hidayat, A. R. (2022). Tinjauan Fiqih Muamalah Dan Perilaku Konsumen Dalam Islam Terhadap Transaksi Jual Beli Rumah Dengan Sistem Borongan .
Haris Nandar, Mustafa Kamal Rokan, M. R. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Galeri Investasi Lain Zawiyah Cot Kala Langsa. Investasi Syariah, 00.
Hudani, A. (2010). Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi Pengaruh Faktor Budaya , Faktor Sosial , Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian. 1(2), 99–107.
Jackson R.S. Weenas. (2013). Kualitas Pruduk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bad Comforta. Jurnal Managemen, 1(4), 607–618.
Ketut Indah Pratiwi, K. M. (2015). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia . Perkembangan Mode Kebaya Khususnya Di Bali Sangat Pesat . Masyarakat Umumnya Kaum Wanita Di Bali , Tidak Tanggung – Tanggung Untuk Selalu Mengikuti Tren Kebaya Yang Berlaku . Hal. 4(11), 3619–3645.
Octavia, A. (2009). Gaya Hidup Dan Perilaku Pembelian Emas Putih Di Kota Jambi. Manajemen Pemasaran Modern, 1(1), 28–34.
Oktari, A. D., Santia, R., Kristanti, S., Febriana, T., Psikologi, P. S., Kedokteran, F., … Kode, S. (2015). KEPUTUSAN PEMBELIAN PERHIASAN EMAS PADA PELANGGAN TOKO EMAS DI KAWASAN BANJARMASIN-BANJARBARU- RELATIONSHIP BETWEEN CONSUMPTIVE LIFESTYLE AND GOLD JEWELRY PURCHASE DECISION IN CUSTOMERS OF GOLD STORES IN BANJARMASIN-BANJARBARU-.
Rosyidah, U., & Handayati, P. (2022). Perilaku Konsumen Muslim Di Lombok Berdasarkan Religiusitas Dan Gaya Hidup. 10(1), 40–48.
Sulaeman, M. (2016). PENGARUH PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DAN KOMITMEN TERHADAP ETOS KERJA DAN DAMPAKNYA. 17. Https://Doi.Org/10.18196/Jesp.17.2.3788
Ulum, M. (2020). PRINSIP-PRINSIP JUAL BELI ONLINE DALAM ISLAM DAN PENERAPANNYA PADA E-COMMERCE ISLAM DI INDONESIA. 17(01), 49–64.
Umar Bakti, Hairudin, M. S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada Di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 22.
Published
2024-02-12
Section
Articles