Program Pendampingan Pemasaran Usaha Snack dan Catering UMKM Di Desa Tunahan

  • David Eka Setiawan
  • Geralda Putra Arya Pratama
  • Ersa Efrizal
  • Miftahul Arifin
  • M. Ismail Fahmi
  • Nio Mazid Saputro
  • Reiza Innayah
  • Siti Masruroh
  • Nana Listiana
  • Nur Aeni Agustin
Keywords: pengabdian, umkm, pemasaran

Abstract

Salah satu program dalam KKN XII Unisnu Jepara adalah progran pengabdian masyarakat. Tujuan dari program pengapdian masyarakat adalah mendampingi mitra usaha dari Desa Tunahan mengembangkan usaha snack and catering menjadi salah satu umkm yang memiliki potensi untuk berkembang. Analisis permasalahan mitra dilakukan melalui observasi dan wawancara untuk mengidentifikasikan masalah yang dihadapi mitra serta menemukan solusi bersama mitra. Berdasarkan hasil analisis permasalahan, bahwa prioritas masalah yang harus diselesaikan yaitu aspek Pemasaran, dimana belum memiliki merk usaha, banner usaha, desain packaging, pemasaran melalui sosial media dan belum tedaftar di Google Maps yang tepat sesuai dengan standar dipasaran. Tim KKN desa Tunahan melakukan program berupa pendampingan dalam mendesain merk usaha, banner usaha, desain packaging, dan mendaftar di Google Maps yang tepat sesuai dengan standar dipasaran.

Published
2022-09-16
How to Cite
Setiawan, D. E., Geralda Putra Arya Pratama, Ersa Efrizal, Miftahul Arifin, M. Ismail Fahmi, Nio Mazid Saputro, Reiza Innayah, Siti Masruroh, Nana Listiana, & Nur Aeni Agustin. (2022). Program Pendampingan Pemasaran Usaha Snack dan Catering UMKM Di Desa Tunahan. Khaira Ummah, 1(01), 45-52. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-7