Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Bagi Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah

  • Durrotul Maknunah
Keywords: media, pembelajaran, interaktif, pendidik, powerpoint

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar di sekolah sangatlah penting, untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, akan tetapi masih banyak terdapat sekolah yang menyampaikan materi menggunakan cara konvensional atau di masa pandemi hanya menggunakan media whatsApp atau youtube yang bukan buatan sendiri. Salah satu sekolah yang belum pernah membuat media pembelajaran sendiri seperti halnya pembuatan powerpoint interaktif adalah MTs. Amal Muslimin Bantrung. Tujuan adanya program ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan para pendidik Madrasah Tsanawitah Amal Muslimin Bantrung dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan powerpoint interaktif. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Langkah-langkahnya meliputi sosialisasi, penyampaian materi, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari mulai dari penyampaian materi, pelatihan pendampingan hingga evaluasi. Peserta juga memberikan kritik dan saran di akhir pertemuan. Hasil yang diperoleh peserta pelatihan mampu membuat media pembelajaran powerpoint interaktif. Respon dari para peserta pelatihan melalui google form mereka merespon positif adanya pelatihan ini, peserta juga memberikan masukan untuk kegiatan seperti ini hendaknya setiap peserta diberikan modul sebagai panduan

Published
2022-06-15
How to Cite
Maknunah, D. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Bagi Pendidik Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khaira Ummah, 1(01), 53-60. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-8