Pemberdayaan Guru TK Melalui Edukasi Pembuatan Desain Infografis Menggunakan Aplikasi Canva di Desa Kedung Malang

  • Ana Rahmawati
  • Indah Sa’adah
  • Safiil Anam
  • Izzah Millati
  • Khoni’atur Riska
  • Shalahudin Alfatah
  • Kholidatun Nasihah
  • Sariah
  • Ikhwanul Firdaus
  • Muhammad Fauzi Abdul Adhim
  • Khasan Nor Hadi
Keywords: anak usia dini, canva, desain infografis

Abstract

Aplikasi digital dalam dunia pendidikan sangat penting dalam menunjang proses belajar mengajar, aplikasi digital dapat dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran, penyampaian informasi tentang sekolah dalam bentuk promosi yang progresif kepada masyarakat. Program pengabdian ini dilakukan di TK Raudlatuth Thullab, TK Pertiwi Kedung Malang, dan RA Al Halimiyah, ketiganya berlokasi di Kedung Malang, Kedung, Jepara. Tujuan program ini adalah: (1) memperluas pengetahuan serta wawasan terkait PAUD Holistik Integratif, memperkaya perbendaharan perancangan APE, (2) memberikan wawasan mengenai desain dan editing melalui media aplikasi Canva yang dapat meningkatkan kreatifitas guru, dan (3) memberikan pengetahuan serta wawasan terkait  merancang RPPM dan RPPH merdeka belajar, serta model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak, adapun tahapan metode penelitian yang dilakukan yaitu meliputi: persiapan, sosialisasi, pendampingan pelatihan, dan evaluasi program. Hasil dari program ini adalah: (1) output atau produk berupa desain infografis berupa poster, video pembelajaran dan (2) guru di TK/RA dapat mempraktekkan membuat desain infografis menggunakan aplikasi Canva sesuai tahapan mulai dari mengunduh aplikasi, login, memilih template, editing, dan mengunduh desain

Published
2022-06-15
How to Cite
Rahmawati, A., Indah Sa’adah, Safiil Anam, Izzah Millati, Khoni’atur Riska, Shalahudin Alfatah, Kholidatun Nasihah, Sariah, Ikhwanul Firdaus, Muhammad Fauzi Abdul Adhim, & Khasan Nor Hadi. (2022). Pemberdayaan Guru TK Melalui Edukasi Pembuatan Desain Infografis Menggunakan Aplikasi Canva di Desa Kedung Malang. Khaira Ummah, 1(01), 61-70. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-9