Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Pendidik Madrasah

  • Khalimatus Sadiyah
Keywords: kurikulum merdeka belajar, perangkat pembelajaran

Abstract

Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan  Perangkat Pembelajaran  Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Pendidik Madrasah bertujuan untuk, meningkatkan kemampuan pendidik dalam membuat perangkat  pembelajaran  dalam mengimplementasikan kurikulum  Merdeka  Belajar pada proses pembelajaran dan evaluasi.

Hasil identifikasi permasalahan yang ditemukan selama observasi kepada mitra yaitu, 1) Terbatasnya SDM pendidik yang mendapat pelatihan dan memahami kurikulum Merdeka Belajar, 2) Minimnya dana dan fasilitas untuk pelaksanaan pelatihan kurikulum Merdeka Belajar, 3) Pendidik belum terbiasa dengan metode pembelajaran dan evaluasi berbasis kurikulum Merdeka Belajar.

Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas, pendekatan yang dilakukan dalam memecahkan permasalahan yakni dengan menyelenggarakan pelatihan pembuatan RPP berbasis kurikulum merdeka belajar dan pendampingan pembuatan  perangkat pembelajaran  kurikulum Merdeka Belajar bagi pendidik  Madrasah secara gratis.

Adapun metode pendekatan dalam merealisasikan program pengabdian masyarakat ini melalui tahap-tahap sebagai berikut 1) Tahap persiapan terkait kebutuhan dalam pelaksanaan kegiatan 2) Tahap perencanaan program kegiatan 3) Tahap pelaksanaan program kegiatan 4) Tahap pendampingan untuk implementasi hasil program kegiatan 5) tahap evaluasi.

Hasil dari kegiatan ini adalah berupa sertifikat pelatihan untuk para pendidik dan dokumen perangkat pembelajaran  Kurikulum  mereka  belajar  popup book untuk  MI  Tarbiyatul  Hasanah  Bringin Batealit Jepara.

Published
2022-06-15
How to Cite
Sadiyah, K. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Pendidik Madrasah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Khaira Ummah, 1(01), 77-82. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-11