Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal

  • Kukuh Dwi Wijanarko
  • Sarwido
  • Meli Indah Sugiarti
  • Muhammad Ifan Erdiyansyah
  • Darnoto
Keywords: pemasaran digital, merek, kemasan, UMKM

Abstract

Penggunaan teknologi dan internet di era sekarang ini semakin berkembang di berbagai bidang, termasuk UMKM dalam menjalankan usahanya. Pemanfaatan teknologi digital ini memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM khususnya dalam membentuk citra produk serta memasarkan produk tersebut di media sosial. Namun, kurangnya pemahaman mengenai branding produk dan pemasaran secara digital oleh pelaku UMKM menghambat berkembangnya usaha yang dijalankan. Oleh karena itu, tujuan pengabdian masyarakat ini difokuskan pada peningkatan penjualan produk UMKM Kripik Tempe Saginah yang berada di Desa Suwawal. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi tiga tahap, yaitu tahap observasi, tahap identifikasi masalah, dan tahap pelaksanaan kegiatan. Pertama adalah melakukan observasi pada Mitra UMKM Kripik Tempe Saginah. selanjutnya, pada tahap identifikasi masalah, ditemukan beberapa permasalahan mengenai pengemasan produk serta pemasarannya. Untuk itu, pada tahap pelaksanaan kegiatan, dilaksanakan seminar dan workshop mengenai digital marketing dan branding produk. Tidak lanjut dari kegiatan tersebut dilakukan pendampingan digital marketing dan branding terhadap UMKM Kripik Tempe Saginah oleh tim KKN UNISNU Desa Suwawal. Hasil dari pendampingan tersebut adalah memberikan inovasi pada kemasan produk dan pemasaran secara digital dengan membuat Marketplace sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan memperluas pemasaran produk

Published
2022-06-15
How to Cite
Wijanarko, K. D., Sarwido, Meli Indah Sugiarti, Muhammad Ifan Erdiyansyah, & Darnoto. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal. Khaira Ummah, 1(01), 89-94. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01012022-13