Tingkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru SD dalam Penggunaan Media Pembelajaran

  • Syailin Nichla Choirin Attalina Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Wulan Sutriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Nia Uzlifatun Ni'mah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Literasi Digital, Media Pembelajaran, Aplikasi Kinemaster

Abstract

Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk memiliki keterampilan dalam memanfaatkan teknologi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di  sekolah. Fokus materi esensial pada Kurikulum Merdeka yaitu pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Salah satu literasi dasar diantaranya yaitu literasi digital. Era sekarang, memang era-nya digital yang menuntut semua bidang mengalami digitalisasi termasuk bidang pendidikan yang harus diikuti dengan adaptasi kemampuan para guru, khususnya guru SD. Kenyataannya, masih terdapat guru-guru SD yang masih belum melek teknologi dan kurang mahir dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi terkini yang bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran. Tujuan dari pengabdian ini yaitu melatih guru dalam memanfaatkan aplikasi media pembelajaran berbasis Kinemaster untuk menghadirkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Metode pelaksanaan yang diterapkan pada kegiatan ini meliputi : Persiapan/Sosialisasi, Pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan. Hasil dari kegiatan ini yaitu guru dapat memanfaatkan penggunaan media pembelajaran berbasis Kinemaster dengan berbagai inovasi untuk mengoptimalkan aspek perkembangan pada anak khususnya pada perkembangan kognitif siswa.

Published
2022-12-28
How to Cite
Choirin Attalina, S. N., Sutriyani, W., & Ni’mah, N. U. (2022). Tingkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru SD dalam Penggunaan Media Pembelajaran. Khaira Ummah, 1(02), 147-152. https://doi.org/10.34001/khairaummah.01022022-8