RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN JEPARA

  • Agus Murod Alfarisi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Danang Mahendra Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: E-marketplace, Analisis SWOT, Kulitas pelayanan, UMKM

Abstract

Pesatnya persaingan bisnis usaha mikro kecil menengah (umkm), menuntut pemilik usaha untuk menerapkan suatu strategi yang tepat, demi mendukung proses bisnisnya, salah satunya ialah metode pemasaran melalui media online dengan tujuan untuk menjangkau banyak pembeli.  Realitanya media yang digunakan oleh UMKM selama ini untuk menjajakan barang  masih memiliki kelemahan di mana pelanggan masih disulitkan pada saat melakukan transaksi. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada  pelanggan. Beberapa UMKM akan dijadikan objek dalam penelitian ini. Objek tersebut akan dianalisis menggunakan metode analisis SWOT untuk mengetahui dan mengevaluasi strategi yang tepat berkaitan dengan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada UMKM beserta dilengkapi dengan konsep CRM untuk membantu dalam menetukan fitur-fitur CRM yang diterapakan. Sehingga hasil yang diharapkan dalam penelitian ini adalah sebuah website e-marketplace dengan kelebihan dapat memberikan kemudahan dan keleluasaan UMKM dalam memberikan informasi yang dibutuhkan konsumen dan proses transaksi bisa  dilakukan  dengan lebih  mudah Serta penerapan fitur CRM yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.

Published
2021-12-21