SENTIMENT ANALYSIS KINERJA KARYAWAN DI OKE GARDEN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

  • Alif Zidan Mubarok Universitas Sains Al-Qur’an
  • Hidayatus Sibyan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Sains Al-Qur’an https://orcid.org/0000-0001-6219-323X
  • Nur Hasanah Universitas Sains Al-Qur’an
Keywords: Sentiment Analysis, Feedback, Human Resource, Naïve Bayes Classifier, OKE Garden

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sberapa akurat algoritma Naïve Bayes Classifier dalam menentukan sentiment analysis berdasarkan data feedback dari para karyawan di OKE garden. Selain itu, ada peneltian ini juga disajikan visualisasi data dari feedback menggunakan aplikasi Microsoft Power BI. Hasil dari perhitungan algoritma Naïve Bayes dalam menentukan jenis sentiment, mendapatkan nilai akurasi yang baik yaitu sebesar 80% dengan menggunakan data latih sebesar 10%. Pada visualisasi data, Pemanfaatan aplikasi Microsoft Power BI pada analisis ini, sebagai alat visualisasi data dengan menggunakan atribut visualisasi yang tersedia pada aplikasi ini. Adapula visualisasi yang ditampilkan pada visualisasi data ini antara lain Donut Chart, Stacked Column Chart, LinearGauge, Word Cloud, Slicer, dan Card. Hasil dari perhitungan menggunakan Lineargauge untuk mengetahui hasil sentiment average dari seluruh visualisasi berada dibawah angka 0.70.

References

Bororing, J. E. (2022). IMPLEMENTASI DASHBOARD MICROSOFT POWER BI UNTUK VISUALISASI DATA COVID 19 INDONESIA. Informasi Interaktif, 7(1), 21-29.
Haryani, C. A., Tohari, H., Marhamah, M., & Nurrahman, Y. A. (2018). Sentimen Analisis Kepuasan Pelanggan E-commerce Menggunakan Lexicon Classification dengan R. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.
Rakhmah, A. H., & Putri, T. A. (2022). Analisis Sentimen Terhadap Pasangan Calon Presiden 2019 Pada Media Sosial Twitter. JURNAL LENTERA ICT, 5(1), 1-11.
Romadhon, F., Suwondo, A., & Sibyan, H. (2022). IMPLEMENTASI ALGORITMA NAÏVE BAYES PADA APLIKASI PREDIKSI PERTUMBUHAN PENDUDUK TAHUNAN DI KABUPATEN WONOSOBO. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 3(2), 301-310.
Sibyan, H., & Hasanah, N. (2022). Analisis Sentimen Ulasan Pada Wisata Dieng Dengan Algoritma K-Nearest Neighbor (K-Nn). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(1), 38-47.
Singgalen, Y. A. (2021). Analisis Sentimen dan Pemodelan Topik dalam Optimalisasi Pemasaran Destinasi Pariwisata Prioritas di Indonesia. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3), 459-470.
Published
2023-12-31