PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER INTERFACE WEBSITE E-NASHAT

  • Muhamad Nurdin Universitas Sains Al-Qur'an
  • Dian Asmarajati Universitas Sains Al-Qur'an
  • Iman Ahmad Ihsanuddin Universitas Sains Al-Qur'an
Keywords: Pondok Pesantren, Website, Design Thinking

Abstract

Wonosobo setidaknya memiliki banyak pondok pesantren yang masih belum banyak diketahui sebagian masyarakat sekitar. Beberapa dari pondok pesantren juga masih belum memiliki media yang dapat mengakses terkait informasi dan pembelajaran serta kegiatan yang ada didalamnya. E-nashat memberikan ruang bagi pondok pesantren untuk memudahkan bagi para santri dan pondok itu sendiri dalam mengelola pondok pesantren yang memberikan kemudahan dalam memberikan informasi terkait dengan lokasi, profil, program, pondok pesantren tersebut serta dapat memberikan kegiatan live streaming pada kegiatan yang sedang dilaksanakan di pondok pesantren. Pada dasarnya website e-nashat ini akan banyak di ketahui masyarakat, dan khususnya bagi santri maka hal ini perlu adanya tampilan yang lebih baik dengan menerapkan metode design thinking. Pada tahapan design thinking pada perancangan user interface melalui emphatize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil testing menggunakan kuesioner online dengan menggunakan perhitungan skala likert, diperoleh total presentase 80,4% berdasarkan nilai interval, yang berarti sangat setuju pada perancangan user interface website e-nashat pada metode design thinking.

References

Bhakti, F. K., Ahmad, I., & Adrian, Q. J. (2022). PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2).
Lim, K. H., & Setiyawati, N. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information Technology Ampera, 3(2), 108-123.
Munthe, R. D., Brata, K. C., & Fanani, L. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(7), 2679-2688.
Purwono, F. H., Ulya, A. U., Purnasari, N., & Juniatmoko, R. (2019). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). GUEPEDIA.
Riyadi, N. R. (2019). Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile myUMM Students. Sist. J. Sist. Inf, 8(1), 226-232.
Published
2023-12-31