Analisis Kontribusi Penyaluran Dana Zakat, Infaq, Dan Shodakoh Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Mustahik Di LAZISNU Ranting Sekuro

  • Riska Ayu Wandira UNISNU JEPARA
  • Ahmad Fauzan Mubarok Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Penyaluran, ZIS, Kesejahteraan, Mustahik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa maksimalnya kontribusi penyaluran dana zakat, infaq, dan shodakoh dalam peningkatan kesejahteraan mustahik melalui program-program yang dijalankan di LAZISNU Ranting Sekuro dan menganalisis apakah program yang dijalankan dapat memiliki dampak dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik. Rumusan dalam penelitian ini, pertama, bagaimana pengelolaan dana Zakat, infaq, dan shodakoh di LAZISNU Ranting Sekuro, kedua, bagaimana kontribusi penyaluran dana zakat, infaq dan shodakoh terhadap kesejahteraan mustahik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, pertama, pengelolaan dana zakat, infaq, dan shodakoh sudah mengikuti prosedur yaitu membedakan antara dana zakat, infaq dan shodakoh, media yang digunakan dalam menghimpun dana yaitu melalui brosur, bekerjasama dengan berbagai pihak dan menyebar kaleng/kotak koin NUcare. Dana yang sudah terkumpul akan didistribusikan kedalam 5 program yang dijalankan oleh LAZISNU Ranting Sekuro yaitu ekonomi produktif, bantuan dana sosial, pendidikan, kesehatan, dana sosial kematian. Kedua penyaluran dana zakat tidak memberikan dampak kesejahteraan yang signifikan kepada mustahik, dana yang di salurkan lebih condong kedalam program bantuan dana sosial dimana dana tersebut tidak dapat dikembangkan dan hanya menjadi bantuan konsumtif.

Published
2024-08-05