PKM Pendampingan Siswa Kelas 6 untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Flashcard
Abstract
Program pengabdian ini bermitra dengan SD N 3 Dudakawu Jepara. Dari hasil observasi dan wawancara dengan guru diketahui bahwa siswa kelas 6 SD N 3 Dudakawu mengalami kendala pada keterampilan berbicara setelah 2 tahun melaksanakan pembelajaran secara daring. Hal ini ditandai dengan siswa kurang aktif dan cenderung hanya diam saat interaksi pembelajaran dengan guru di kelas. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memperkenalkan media flashcard pada guru dan siswa serta untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 6. Kemudian, metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode lecturing dan tanya jawab. Penulis memberikan pendampingan pada guru dan siswa untuk membuat dan menerapkan media flashcard. Untuk mengukur kemajuan keterampilan bicara siswa, penulis menggunakan teknik observasi dan angket. Hasil pengabdian ini adalah keterampilan berbicara siswa dapat meningkat secara dignifikan. Siswa menjadi aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Lebih lanjut, dari kuesioner diketahui bahwa 100% siswa menyatakan lebih berani dan percaya diri saat berbicara di depan kelas. Lebih lanjut, 94.44% siswa merasa flashcard dapat membantu menghasilkan ide. Terakhir, 88.88% siswa menyatakan flashcard mudah dipraktikkan.