Penerapan Online Marketing pada Pembuat Jenang di Desa Sukosono Melalui Media Sosial

  • Muhammad Bahtiar Noor Ihsan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Jenang, Internet, Pemasaran, industri, makanan

Abstract

Desa Sukosono memiliki jumlah produsen jenang yang relatif banyak. Jenang Sukosono seharusnya memiliki potensi pemasaran yang cukup luas. Namun, banyak persaingan dengan industri makanan lain dan jenang kurang tahan lama karena termasuk dalam makanan basah. Faktor-faktor tersebut berdampak pada keberadaan usaha jenang di Desa Sukosono. Maka peneliti melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut dengan menggandeng salah satu produsen jenang dengan menjadikan mereka mitra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dideskripsikan secara deskriptif dengan mengontrol lokasi penelitian yang dilakukan secara purposive dengan mengambil sampel salah satu produsen jenang di Desa Sukosono. fasih. Dalam pemasaran, mitra hanya mengandalkan pesanan dari konsumen dan tidak setiap hari, hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Hasil implementasi tim pengabdian fokus pada internet marketing yaitu dengan merubah packaging, menambahkan rasa pada produk jenang, melalui WA Business, facebook, market place, dengan menempatkan di toko dan pasar kemudian dengan pemasangan spanduk. Dengan strategi tersebut produk jenang oleh mitra dapat dikenal luas oleh masyarakat dengan harapan memiliki konsumen yang banyak sehingga dapat meningkatkan produksi, menambah tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di desa sukosono yang dapat mengurangi pengangguran.

Published
2024-04-26
How to Cite
Noor Ihsan, M. B. (2024). Penerapan Online Marketing pada Pembuat Jenang di Desa Sukosono Melalui Media Sosial. Khaira Ummah, 2(01). Retrieved from https://journal.unisnu.ac.id/khairaummah/article/view/532