Diseminasi Pertanyaan Pemantik Menuju Pembelajaran Bermakna

  • Cicik Pramesti Universitas PGRI Adi Buana Kampus Blitar
  • Riki Suliana Ranggawati Sidik
  • Suryanti
  • Ayu Silvi Lisvian Sari
  • Fitria Yunaini
Keywords: pertanyaan pemantik, pembelajaran bermakna

Abstract

Siswa membutuhkan stimulus untuk aktif dalam menyampaikan hasil pemikirannya mengenai sesuatu hal. Stimulus yang diberikan dapat berupa pertanyaan pemantik (merupakan salah satu fokus pada pembelajaran kurikulum merdeka). Melalui pertanyaan pemantik, siswa dapat menyampaikan pemikirannya dalam bentuk pernyataan maupun pertanyaan. Sehingga guru harus mampu mendesign pertanyaan pemantik yang mengarahkan pada pembelajaran bermakna. Mendesign pertanyaan pemantik diperlukan tiga tahapan, yakni: menulis ide, merumuskan pertanyaan pemantik berdasarkan ide, dan menyusun pemahaman bermakna. Dengan pembelajaran bermakna loos learning yang terjadi selama kurang lebih dua tahun akan segera dapat teratasi. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan penguatan melalui pelatihan dalam mendesign pertanyaan pemantik kepada guru-guru. Kemampuan guru dalam mendesign pertanyaan pemantik menjadi kunci dalam mengembangkan pembelajaran bermakna. Metode pelaksanaan kegiatan ini meliputi: sharing bersama guru-guru, praktik dan pendampingan dalam mendesign pertanyaan pemantik. Hasil kegiatan pengabdian berupa desiminasi ini guru-guru lebih mampu mendesign pertanyaan pemantik untuk memberikan pemahaman bermakna kepada siswa. Kegiatan ini mendapatkan perhatian khusus dari para guru yang dibuktikan dengan kehadiran semua guru sebagai peserta. Respon peserta juga sangat bagus, yang dapat dilihat dari keaktifannya pada saat mendesign pertanyaan pemantik dan tanya jawab. Pada akhir kegiatan diperoleh data lebih dari 80% peserta menyatakan puas dengan adanya kegiatan desiminasi pertanyaan pemantik ini.

Published
2023-08-14
How to Cite
Pramesti, C., Sidik, R. S. R., Suryanti, Sari, A. S. L., & Yunaini, F. (2023). Diseminasi Pertanyaan Pemantik Menuju Pembelajaran Bermakna. Khaira Ummah, 2(01). Retrieved from https://journal.unisnu.ac.id/khairaummah/article/view/657