ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM DIGITAL BRANDING UMKM BERBASIS WEB DALAM MEMBANTU PROMOSI DAN PEMASARAN PRODUK

  • Indra Kurniawan Politeknik Balekambang jepara
  • Yasa Maulana Politeknik Balekambang Jepara
  • Muhammad Sulthony Politeknik Balekambang Jepara
  • Ahmad Mubais Politeknik Balekambang Jepara
  • Nur Hikmah Politeknik Balekambang Jepara
  • Via Fitriana Putri Politeknik Balekambang Jepara
  • Zeni Kurniati Politeknik Balekambang Jepara
Kata Kunci: System Design, Digital Branding, UMKM, Web

Abstrak

Kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat, dan akurat saat ini menjadi hal penting. Pemenuhan akan kebutuhan informasi tersebut dilakukan dengan bantuan teknologi terutama dalam bidang komputerisasi, seperti dalam bidang internet. Dalam mendukung kinerja UMKM dibutuhkan invoasi produk teknologi yang dikembangkan dan diimplementasikan seperti teknologi internet. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet dikenal dengan istilah digital branding. Digital Branding memegang peranan penting dalam perkembangan pemanfaatan teknologi informasi untuk memberikan informasi. Model Waterfall merupakan salah satu model SDLC yang sering digunakan dalam pengembangan sistem informasi atau perangkat lunak. Model ini menggunakan pendekatan sistematis dan berurutan. Penggunaan web dalam penyampaian informasi dapat mempermudah dalam pengaksesan informasi tentang UMKM dimana saja dan kapan saja secara online. Sehingga mempermudah produk UMKM dikenal secara luas.

Referensi

Alfianto, M., Prasetyo, W., Azizah, N., Saputro, H., Islam, U., & Ulama, N. (2022). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN ASET MENGGUNAKAN METODE DEPRECIATED. 2(1), 15–22.
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042
Mulyaningsih, T., Ratwianingsih, L., Hakim, A. R., & Mulyadi. (2020). DIGITAL BRANDING DAN DESAIN OPTIMALISASI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MAKANAN TRADISIONAL DI KABUPATEN SUKOHARJO. Jurnal Kuat, 2(2), 125–130. https://doi.org/10.24158/pep.2019.11.14
Musty, B. (2012). MEMBANGUN BRANDING MELALUI PENGEMBANGAN INTERNET MARKETING DALAM SEKTOR PENDIDIKAN. Jurnal LPKIA, 1(2), 1–6.
Sianturi, G. H. D. (2021). Pengaruh Digital Branding Terhadap Citra Kota Batam Sebagai Kota Pariwisata.
Supriatna, K., & Hidayat, D. (2021). Digital Branding @Arisancuankita Melalui Sosial Media Instagram. Communication Journal, 4(2), 212–212. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, November, 1–5.
Diterbitkan
2022-12-29
Bagian
Articles