IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA PEMBELIAN (CAP N CHRIS CAFÉ & RESTO JEPARA) BERBASIS WEB

  • Misbakhus Surur Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Heru Saputro Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara https://orcid.org/0000-0002-2626-494X
  • Noor Azizah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Kata Kunci: Algoritma Apriori, Data Mining, Restoran

Abstrak

Dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat pada saat ini membuat banyaknya jumlah transaksi penjualan yang diterima setiap harinya. Jumlah kenaikan penjualan tentunya membawa kebaikan. Namun dengan adanya kegiatan penjualan membuat data penjualan menu makanan semakin lama semakin tambah banyak. Dan data tersebut hanya berfungsi sebagai arsip saja.Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi berbasis website dengan  Algoritma Apriori dengan memanfaatkan data transaksi penjualan, dengan menetukan hubungan antar item dari data penjualan, dalam hal ini adalah makanan atau minuman yang dipesan sehingga dapat ditemukan pola pembelian konsumen. Hasil penelitian yang dilakukan dari data 16 transaksi didapatkan 4 aturan asosiasi dengan minimun support 3 dan minimun confidence 6.

Referensi

Budiyasari, V. N., Studi, P., Informatika, T., Teknik, F., Nusantara, U., & Kediri, P. (2017). Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 2(2), 31–39.
Di, M., Slm, P. T., & Lestari, S. (2018). Abstrak Jurnal Ekonomi STIE PASIM SUKABUMI. 07(2), 1–16.
Henando, L. (2019). Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Untuk Analisa Perbandingan Data Penjualan Leptop Berdasarkan Merk Yang Diminati Konsumen (Studi Kasus : Indocomputer Payakumbuh). J-Click, 6(2), 201–207.
Muhammad Robith Adani. (2020). Pengenalan Apa itu Website Beserta Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya.
Rahmatika, A. K., Pradana, F., & Bachtiar, F. A. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran HTML dan CSS dengan Konsep Gamification berbasis Web. 4(8), 2655–2663.
Rahmawati, F., & Merlina, N. (2018). Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 6(1), 9–20. https://doi.org/10.33558/piksel.v6i1.1390
Sianturi, F. A. (2018). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan. Mantik Penusa, 2(1), 50–57. Retrieved from http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/330
Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), Vol 4, No.(September), 1–4.
Diterbitkan
2022-12-29
Bagian
Articles