Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi, Modal Usaha, dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Program Kelompok Usaha Bersama di Kecamatan Jepara)

  • Halwa Millati Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Ali Sofwan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
Keywords: Business Success, Business Capital, Use of Accounting Information, Marketing Strategy

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of using accounting information, venture capital, and marketing strategies on business success (a case study on the Joint Business Group Program in Jepara District). This type of research uses quantitative research methods and uses primary data types by using a questionnaire given to active members of the Joint Business Group (KUBE) program in Jepara District. The total population in this study were 150 people. The sampling technique used purposive sampling, in order to obtain a total sample of 60 respondents through slovin calculations. The statistical analysis phase includes Descriptive Statistics, Validity Test, Reliability Test and Classical Assumption Test. The analysis method uses Multiple Linear Regression Analysis. Based on the results of the study indicate that the use of accounting information has a positive effect on business success, business capital does not have a positive effect on business success and marketing strategy variables do not have a positive effect on business success.

References

Ardhansyah Putra Hrp, D. S. (2020). Analisis Faktor Keberhasilan Program Kelompok Usaha Bersama : Studi Kasus Di Desa Patumbak. JURNAL AKUNTANSI DAN BISNIS, 6(2), 158–164. https://doi.org/10.31289/jab.v6i2.3574
Arlinto, T. (2014). Pengaruh penggunaan informasi akuntansi terhadap keberhasilan UMKM (Studi kasus pada industri konveksi desa Padurenan kecamatan Gebog kabupaten Kudus). Journal USKW, 2014.
Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo.
Christian, A. B. G., & Rita, M. R. (2016). Peran Penggunaan Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Menunjang Keberhasilan Usaha Role Of The Use Of Accounting Information In Decision Making To Support Business Success. Jurnal EBBANK, Vol 7 No.2.
Daulay, R. W., & Ramadini, F. (2013). Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Foto Copy Dan Alat Tulis Kantor Di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailang Natal. Media Informasi Manajemen, 01.
Erliah. (2007). Pengaruh Persaingan, Promosi dan Keunikan Produk TerhadapKeberhasilan Usaha para Pengerajin Batik Desa Trusmi Kulon Kecamatan Plared Kabupaten Cirebon. Skripsi UPI tidak dipublikasikan.
Fitriah, Murjana, I. M., & Suardana, I. M. (2020). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi, Modal Usaha, Lama Usaha, dan Lokasi Usaha terhadap Keberhasilan Usaha Mikro Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Syariah (ALIANSI), 5(2).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Universitas Diponegoro.
Hanum, Z. (2013). Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil atas Informasi Akuntansi Keuangan terhadap Keberhasilan Perusahaan (Survei Pada Usaha-Usaha Kecil Di Kota Medan). Accounting Jurnal, 5.
Indriani, N. (2010). Pengaruh Karakeristik Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha pada Hotel-Hotel Berbintang Di Wilayah Surakarta dan Daeah Istimewa Yogyakarta (DIY). Universitas Gajah Mada.
Merdekawati, E., & Rosyanti, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Di Kota Bogor). JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 5(2). https://doi.org/10.34204/jiafe.v5i2.1640
Nurwani, N., & Safitri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi pada Sentra Dodol di Kec. Tanjung Pura). Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(1), 37–52. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i1.3332
Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti, 5(9).
Purwati, D., Gagah, E., & Patricia, D. (2021). Pengaruh Kemampuan Usaha, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha dengan Perkembangan Usaha Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kawasan Desa Kedewan Kabupaten Bojonegoro). Journal of Management.
Sara, N. O. (2014). Analisis Usaha-Usaha Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Usaha Kecil Menengah. Jom FISIP, 1, 1–12.
Suarmawan, K. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan UsahaMikro dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan). Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1).
Suastini, K. E., Dewi, P. E., & Yasa, I. N. (2019). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia dan Ukuran Usaha Terhadap Pemahaman UMKM dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kecamatan Buleleng). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 9(3).
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suryana. (2016). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Triputro, E. H. (2011). Penanggulangan Kemiskinan Di Indonesia melalui Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).
Utomo, W. . (2010). Pengaruh persepsi dan penggunaan informasi akuntansi terhadap keberhasilan pengusaha tanaman hias di Surabaya. Skripsi.Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Jawa Timur.
Wibowo, A., & Kurniawati, E. P. (2016). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2). https://doi.org/10.24914/jeb.v18i2.269
Published
2022-03-08
How to Cite
Millati, H., & Sofwan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi, Modal Usaha, dan Strategi Pemasaran Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus pada Program Kelompok Usaha Bersama di Kecamatan Jepara). Jurnal Rekognisi Akuntansi , 6(1), 65-80. https://doi.org/10.34001/jra.v6i1.191
Section
Articles