Analisis Kinerja Operasional Dan Pelayanan Bus AKAP (Studi Kasus PO. Haryanto Kelas Executive Trayek Jepara – Jakarta)

  • M Reza Syahputra Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Mira Lestira Hariani Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Martinus Agus Sugiyanto Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Ohan Farhan Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Shinta Novriani Universitas Swadaya Gunung Jati
Kata Kunci: Kinerja Angkutan Umum, Pelayanan Angkutan Umum, Tarif Angkutan Umum, Biaya Operasional Kendaraan (BOK)

Abstrak

PO. Haryanto merupakan Perusahaan Otobus asal Kudus Jawa Tengah, yang bergerak dalam layanan jasa transportasi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), yang salah satunya beroperasi dari Jepara ke Jakarta dengan jenis pelayanan Executive Class. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja operasional dan tarif berdasarkan biaya operasional kendaraan. Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner yang ditunjukan kepada pengguna jasa. Metode analisis kinerja operasional, perhitungan tarif dan biaya operasional kendaraan mengacu pada metode Departemen Perhubungan SK.687/AJ.206/DRJD/2002, dan analisis kinerja pelayanan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil kinerja operasional dari segi load factor diperoleh sebesar 70,79%, nilai kecepatan perjalanan sebesar 53,70 km/jam, frekuensi pelayanan diperoleh 4 kend/jam, waktu pelayanan diperoleh 2 jam (pagi dan sore), waktu perjalanan sebesar 1,14 menit/km, jumlah armada beroperasi sebesar 100%, dan waktu sirkulasi sebesar 34,05 jam. Untuk tarif yang sebenarnya bus PO. Haryanto trayek Jepara – Jakarta sebesar Rp 240.000. Hasil analisis tarif berdasarkan BOK dengan jarak tempuh terjauh didapatkan nilai BOK sebesar Rp 4.803.356,79 dengan nilai tarif sebesar Rp 251.604,40. Hasil kinerja pelayanan bus PO. Haryanto dengan metode IPA menunjukkan beberapa indikator kinerja yang harus dipertahankan dan beberapa yang harus ditingkatkan

Referensi

H. Nugroho and R. Purwaningsih, “Analisis Tarif Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Dan Willingness To Pay (Wtp) Pada Bus Akap Kelas Executive (Studi Kasus: Bus Rosalia Indah Kelas Executive Jurusan Solo–Jabodetabek),” Ind. Eng. Online J., vol. 4, no. 2, 2015.

F. Jamil, “Kinerja Operasional dan Tingkat Kepuasan Penumpang Bus Trans Jogja Trayek 6A dan 6B,” 2021.

F. Firman, “Analisa Tarif Bus Rasa Sayang Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK)(Studi Kasus PT. Bus Rasa Sayang Trayek Bima-Jakarta),” 2022.

A. B. Saputra, S. Sunarto, and S. Samin, “Analisis tarif Angkutan Umum Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan, Ability To Pay dan Willingness To Pay,” J. Tek. Sipil Ranc. Bangun, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2021.

A. Sahara, E. Setyaningsih, M. Z. Arifin, and R. Kusumaningrum, “Kajian Kinerja Operasional Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kelas Eksekutif Trayek Malang-Jakarta.” Brawijaya University, 2015.

L. N. F. Murti and T. M. C. Agusdini, “evaluasi Kinerja angkutan umum penumpang trayek lyn d jurusan terminal Rajekwesi–dander Kabupaten Bojonegoro,” in Prosiding Seminar Teknologi Perencanaan, Perancangan, Lingkungan dan Infrastruktur, 2019, vol. 1, no. 1, pp. 84–90.

Diterbitkan
2023-10-31