Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Ruas Jalan Raya Jepara Bangsri pada Km 11 sampai Km 12 Menggunakan Pedoman Bina Marga 2017

  • Decky Rochmanto Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara
  • Yayan Adi Saputro Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara
  • Mayang Tiara Teknik Sipil Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara
Kata Kunci: Perencanaan Ulang Jalan, Perkerasan jalan, Perkerasan Kaku

Abstrak

Kerusakan yang terjadi karena tingginya intensitas beban kendaraan yang melaju dan angkutan barang di Jalan Raya Jepara – Bangsri sehingga beban yang diterima oleh lapisan perkerasan lentur semakin meningkat seiring bertambahnya volume lalu lintas di jalan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan perkerasan baru dengan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement) untuk mengatasi kerusakan. Metode yang digunakan adalah Manual Desain Perkerasan 2017. Data lalu lintas harian rata-rata, data lalu lintas harian rata-rata tahunan, dan data nilai CBR untuk pengujian tanah menggunakan alat DCP. Perhitungan menggunakan metodologi Manual Desain Perkerasan 2017 menghasilkan pelat beton setebal 275 mm, lapisan beton setipis 100 mm, dan lapisan drainase agregat Kelas A 150 mm. Sambungan dibagi menjadi dua bagian yaitu sambungan memanjang dengan tie bars menggunakan ulir Ø 16 - 750, dan sambungan melintang dengan dowel menggunakan tulangan biasa D 36 - 300, rencana anggaran biaya Rp5.917.030.000,00.

Referensi

A. T. Dachlan, Pelaksanaan Perkerasan Kaku Cor di Tempat. Bandung: ZipBooks, 2013.

M. Sjahdanulirwan and A. T. Dachlan, “Kajian Kekesatan Permukaan Perkerasan Jalan Beton Aspal, Beton Semen, dan Beton Karet (Study of Skid Resistance on Asphalt Concrete, Cement Concrete, and Rubberized Concrete Road Pavement Surfaces),” J. Jalan Jemb., vol. 30, no. 3, pp. 152–163, 2013.

Departemen Pekerjaan umum, Modul RDE - 11 : Perencanaan Perkerasan Jalan. 2005.

M. Qomaruddin, Y. A. Saputro, and S. Sudarno, “Kajian Penggunaan Bottom Ash sebagai Mortar Beton,” in Prosiding SNST ke-9 Universitas Wahid Hasyim Semarang, 2018, pp. 34–39.

M. Qomaruddin, K. Umam, I. Istianah, Y. A. Saputro, and P. Purwanto, “Pengaruh Bahan Kalsium Oksida Pada Waktu Pengikatan Pasta Beton Geopolimer dan Konvensional,” J. Eksakta Univ. Islam Indones., vol. 19, no. 2, pp. 182–191, 2019, doi: 10.20885/eksakta.vol19.iss2.art8.

M. Qomaruddin, A. Ariyanto, I. Istianah, and F. Zahro, “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Agregat Pada Mortar Geopolimer,” Din. Rekayasa, Univ. Jenderal Soedirman, vol. 16, no. 2, 2020.

A. Kustirini, M. Qomaruddin, D. S. Budiningrum, and I. E. Andammaliek, “The Influence Of Compressive Strength Of Mortar Geopolimer On Addition Of Carbit Waste Ash With Curing Oven System,” in Proceedings of the 1st International Conference on Civil Engineering, Electrical Engineering, Information Systems, Information Technology, and Agricultural Technology, 2020, pp. 1–4.

M. Qomaruddin and S. Sudarno, “The study of laminate concrete between geopolymer and conventional,” 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1363/1/012011.

M. Qomaruddin, H. A. Lie, A. Hidayat, S. Sudarno, and A. Kustirini, “Compressive Strength Analysis On Geopolymer Paving By Using Waste Substitution Of Carbide Waste And Fly Ash,” 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1424/1/012052.

M. Qomaruddin and Y. A. Saputro, “Analisa Alinyemen Horizontal Pada Tikungan Depan Gardu PLN Ngabul Di Kabupaten Jepara,” J. DISPROTEK Univ. Islam Nahdlatul Ulama Jepara, vol. 7, no. 2, pp. 36–42, 2016.

Bina Marga, “Perencanaan Rigid Pavement Dengan Metode AASHTO 1993,” 2004.

R. Darmawan and L. Lizar, “Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Menggunakan Metode Bm - 2017,” J. INOVTEK SERI Tek. SIPIL DAN Apl., vol. 2, no. 2, p. 97, 2020, doi: 10.35314/tekla.v2i2.1823.

D. J. BinaMarga, Manual Perkerasan Jalan. Jakarta: DIREKTUR JENDERAL BINA MARGA, 2017.

K. Berlin, R. Hakim, and S. Nurlaily, “Analisis Pengaruh Kontaminan Terhadap Kekesatan ( Skid Resistance ) Pada Permukaan Perkerasan ( Studi Kasus Jln . Letnan Jendral Sutoyo),” J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 8, no. 1, 2021.

D. M. Sadek, M. M. El-Attar, and A. M. Ali, “Physico-mechanical and durability characteristics of concrete paving blocks incorporating cement kiln dust,” Constr. Build. Mater., vol. 157, pp. 300–312, 2017, doi: 10.1016/j.conbuildmat.2017.09.107.

PAINE JE, “Skid Resistance of Concrete Pavements,” Concr. Constr., vol. 14, no. 10, pp. 377–380, 1969.

L. J. Chu and T. F. Fwa, “Pavement skid resistance consideration in rain-related wet-weather speed limits determination,” Road Mater. Pavement Des., vol. 19, no. 2, pp. 334–352, 2016, doi: 10.1080/14680629.2016.1261723.

T. F. Fwa, “Skid resistance determination for pavement management and wet-weather road safety,” Int. J. Transp. Sci. Technol., vol. 6, no. 3, pp. 217–227, 2017, doi: 10.1016/j.ijtst.2017.08.001.

G. S. Angkoso, N. Hidayati, and Y. A. Saputro, “ANALISIS KINERJA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA ( MKJI ) 1997 PADA RUAS JALAN JEPARA – KUDUS KM 11 SAMPAI KM 15,” vol. 1, no. 38, pp. 19–25, 2021.

Y. Fahrizal, Y. A. Saputro, and D. Rochmanto, “Analisis Kepadatan Tanah Pada Akses Jalan Conveyor Pltu Tjb Unit 3 , 4 Dengan Menggunakan Standar Aashto T 191,” J. Civ. Eng. Study, vol. 02, pp. 42–48, 2022.

R. A. Nugroho et al., “Perencanaan Struktur Gedung 9 Lantai Hotel Sky Sea View Jepara,” J. Civ. Eng. Study, vol. 01, no. Dl, pp. 34–46, 2021.

D. Purwanto, A. Kusuma Indriastuti, and K. Hari Basuki, “Hubungan antara Kecepatan dan Kondisi Geometrik Jalan yang Berpotensi Menyebabkan Kecelakaan Lalu Lintas pada Tikungan,” MEDIA Komun. Tek. SIPIL, vol. 21, no. 2, p. 83, Jun. 2016, doi: 10.14710/mkts.v21i2.11234.

P. K. Jepara, “Basis Data Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Jepara,” Jepara, 2006.

Y. A. Saputro and K. Umam, “Analisis Kinerja Bundaran Tugu Pancasila Jl. Diponegoro Kabupaten Jepara,” J. Ilm. Teknosains, vol. 7, no. 2/Nov, pp. 19–24, 2021, doi: 10.26877/jitek.v7i2/nov.9897.

Tjokrodimulyo, Teknologi Beton. Yogyakarta: Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik UGM, 2007.

D. P. dan P. Wilayah, “Pedoman-Pencacahan-Lalu-Lintas-dengan-Cara-Manual.pdf.” Jakarta, 2004.

Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997,” departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia.” pp. 1–573, 1997.

J. Joel, “MENERAPKAN PENGUJIAN DCP SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENDAPATKAN NILAI CBR LAPANGAN PADA PROYEK PELEBARAN RUAS JALAN TUMPAAN-LOPANA DI-KAB. MINAHASA SELATAN,” POLITEKNIK NEGERI MANADO, 2016.

widayat Widayat, H. Satriadi, L. P. Wibawa, G. F. Hanif, and M. Qomaruddin, “Oil and gas characteristics of coal with pyrolysis process Oil and Gas Characteristics of Coal with Pyrolysis Process,” 2022, vol. 020077, no. July.

SNI 2052, “Baja tulangan beton,” Badan Standarisasi Nas., p. 15, 2017.

I. J. Pandia, A. S. Lubis, and A. P. Rambe, “Korelasi Skid Resistance dengan Kedalaman Tekstur pada Permukaan Perkerasan Lentur,” Media Komun. Tek. Sipil, vol. 22, no. 2, p. 109, 2016, doi: 10.14710/mkts.v22i2.12880.

Diterbitkan
2022-10-31