Analysis of Signalless Four-way Intersection Congestion at Jalan Kyai Sampang, Demak Regency

  • Daffa Nurul Hakim daffanurul12@
  • Khoirur Rizal Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil, Universitas Semarang
Kata Kunci: Intersection, Traffic Performance, MKJI 1997, Congestion, Degree of Saturation.

Abstrak

Persimpangan adalah bagian dari ruas jalan dimana arus dari berbagai arah atau jurusan bersilangan. Hal ini mengakibatkan terjadinya kemacetan di sepanjang lengan simpang. Simpang ini berada di pusat Kabupaten Demak, simpang tak bersinyal dengan 4 lengan di jalan Kyai Sampang, jalan Kyai Singkil, jalan Sultan Fatah arah Kudus dan jalan Sultan Fatah arah Semarang yang berada pada daerah pasar, perkantoran, pemukiman dan sekolah .

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja simpang terutama yang berkaitan tentang kondisi operasional simpang yang ditunjukan dengan nilai kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, dan peluang antrian. Kemudian setelah di analisis, didapat pula nilai kapasitas yang ada di persimpangan tersebut berjumlah 1634 smp/jam. Analisa nilai derajat kejenuhan (DS) didapat hasil DS berjumlah 0,79 smp/jam. Analisa tundaan (D) didapat hasil tundaan 13,33 smp/jam. Kemudian analisa peluang antrian didapat hasil peluang antrian sebesar 64,6% - 132,5.

 

 

Referensi

G. C. Dwiatmaja, “Analisis Efektifitas Bentuk Simpang Terhadap Kinerja Simpang Dengan Bantuan Perangkat Lunak Vissim Student Version,” pp. 18–61, 2019.

R. R. Destiyanto, “Analisis Kinerja Lalu Lintas di Jembatan Landak,” J. Tek. Sipil Untan, pp. 1–13, 2019.

R. Manggala et al., “STUDI KASUS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA TIKUNGAN TAJAM,” vol. 4, pp. 462–470, 2015.

M. Qomaruddin and Y. A. Saputro, “Analisa Alinyemen Horizontal Pada Tikungan Depan Gardu PLN Ngabul Di Kabupaten Jepara,” J. DISPROTEK Univ. Islam Nahdlatul Ulama Jepara, vol. 7, no. 2, pp. 36–42, 2016.

F. Pradana, R. T. Bethary, and S. I. Veronica, “Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku pada Underpass Cibubur dengan Metode Bina Marga dan NAASRA,” Tek. J. Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, p. 121, 2016, doi: 10.36055/tjst.v12i1.6623.

M. K. Mahfidh et al., “Analisa Kapasitas Saluran Drainase Pada Jalan Raya Kelet - Bangsri,” J. Civ. Eng. Study, vol. 02, pp. 0–7, 2022.

Pebriyetti, S. Widodo, and Akhmadali, “Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya Pontianak, Kalimantan Barat),” J. Mhs. Tek. Sipil Univ. Tanjungpura, vol. 5, no. 3, pp. 1–14, 2018.

Direktorat Jenderal Bina Marga, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997,” departemen pekerjaan umum, “Manual Kapasitas Jalan Indonesia.” pp. 1–573, 1997.

S. P. G. U. J. Perkotaan, “Direktorat Jenderal Bina Marga,” Direktorat Pembin. Jalan Kota, 1992.

D. Purwanto, A. Kusuma Indriastuti, and K. Hari Basuki, “Hubungan antara Kecepatan dan Kondisi Geometrik Jalan yang Berpotensi Menyebabkan Kecelakaan Lalu Lintas pada Tikungan,” MEDIA Komun. Tek. SIPIL, vol. 21, no. 2, p. 83, Jun. 2016, doi: 10.14710/mkts.v21i2.11234.

Y. A. Irawan and A. Juara, “Analisa Optimasi Biaya Dan Waktu Metode Tcto (Time Cost Trade Off)(Study Kasus: Preservasi Jalan Ruas Sp. Gunung Kemala–Sanggi),” J. Civ. Eng. Study, vol. 02, no. 02, pp. 60–67, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/view/2537.

Departemen Pekerjaan umum, Modul RDE - 11 : Perencanaan Perkerasan Jalan. 2005.

G. S. Angkoso, N. Hidayati, and Y. A. Saputro, “ANALISIS KINERJA RUAS JALAN MENGGUNAKAN METODE MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA ( MKJI ) 1997 PADA RUAS JALAN JEPARA – KUDUS KM 11 SAMPAI KM 15,” J. Civ. Eng. Study, vol. 1, no. 38, pp. 19–25, 2021.

A. Chairunnisa Amin, Khotibul Umam, “ANALISA PENGGUNAAN ALAT BERAT PADA PEKERJAAN GALIAN DAN TIMBUNAN (STUDI KASUS : PROYEK PEMBANGUNANA JALAN TOL SEMARANG – DEMAK PAKET 2 – STA 10 + 394 – 26 + 704),” J. Konstr. dan infrastruktur, vol. X, no. 1, pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Konstruksi/article/view/6586/2754.

Diterbitkan
2023-02-27