Analisis Manajemen Konstruksi Jembatan Kenet Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

  • Ohan Farhan Universitas Swadaya Gunung Jati
Kata Kunci: Manajemen Konstruksi, Barchart, Critical Path Method, Kurva S

Abstrak

Manajemen konstruksi adalah studi dan praktik manajemen dan aspek teknis industri konstruksi. Manajemen konstruksi juga dapat diartikan sebagai modal komersial yang dilakukan oleh konsultan konstruksi dalam memberi nasihat dan membantu dalam proyek pembangunan. Proyek Jembatan Kenet ini bertujuan untuk mengganti struktur jembatan lama dengan struktur baru untuk lebih memberikan rasa aman terhadap laju lalu lintas yang semakin hari semakin ramai karena jembatan ini merupakan akses penghubung dan jalur alternatif menuju lokasi wisata di daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Proyek Jembatan Kenet serta menghasilkan metode rancangan kerja dalam bentuk kurva S. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif Deskriptif yang memfokuskan pada data-data berbentuk angka atau tematik yang dapat diolah dan dianalisis sehingga menghasilkan data-data yang diperlukan. Dan untuk analisa data pada penelitian ini antara lain perhitungan volume pekerjaan, durasi pekerjaan, barchart, analisa manajemen biaya, cash flow, rencana anggaran biaya, critical path method, dan kurva-s Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Proyek Jembatan Kenet ini perkiraan selesai dengan tempo 190 Hari (30 Minggu), 2) Dan perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk Proyek Jembatan Kenet ini sebesar Rp 9.282.000.000,00 (Sembilan Milyar Dua Ratus Delapan Puluh Dua Juta Rupiah).

Referensi

[1] Agus, M., Hariani, M. L., & Frheza, Y. (2022). ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI JEMBATAN DI JALAN LINGKAR TIMUR KUNINGAN. JURNAL KONSTRUKSI DAN INDRASTRUKTUR.
[2] ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN VERSI 5.0 FINALISASI BIMTEK. (n.d.).
[3] Aryani, F., Rafie, & Syahruddin. (2018). ANALISA PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN LINGKUNGAN LOKASI KALIMANTAN BARAT.
[4] Aulady, M., & Orleans, C. (2016). Perbandingan Durasi Waktu Proyek Konstruksi Antara Metode Critical Path Method (CPM) dengan Metode Critical Chain Project Management (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Apartemen Menara Rungkut). Jurnal Teknik Sipil.
[5] Ervianto, W. I. (2002). Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi.
[6] HARGA SATUAN BAHAN, UPAH DAN SEWA PERALATAN TAHUN 2021 PEMERINTAH DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. (n.d.).
[7] KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT DIREKTORAT JENDERAL BINA MARGA. (2019). SPESIFIKASI UMUM 2018 UNTUK PEKERJAAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN (REVISI 1).
[8] Messah, Y. A., Lona, L. H., & Sina, D. A. (2013). PENGENDALIAN WAKTU DAN BIAYA PEKERJAAN KONSTRUKSI SEBAGAI DAMPAK DARI PERUBAHAN DESAIN (Studi Kasus Embung Irigasi Oenaem, Kecamatan Biboki Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara). Jurnal Teknik Sipil.
[9] Modul 12 PERHITUNGAN VOLUME, ANALISA HARGA SATUAN, RAB, DAN SPESIFIKASI TEKNIS. (n.d.).
[10] Muhadjir, N. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.
[11] Rahim, A., Cahyadi, H., & Surya, A. (2021). ANALISIS CASHFLOW DI PROYEK PENINGKATAN JALAN LINGKUNGAN BANJARMASIN TENGAH PAKET 1.
[12] Ramadhan, P. M., & Anwar, S. (2022). ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA JEMBATAN CIKEUSAL. JURNAL KONSTRUKSI DAN INFRASTRUKTUR.
[13] Rani, H. R. (2016). MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
[14] Setiaji, D., & Anwar, S. (2018). ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI JEMBATAN KALIGAWE KECAMATAN SUSUKAN LEBAK KABUPATEN CIREBON. JURNAL KONSTRUKSI DAN INFRASTUKTUR.
[15] Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[16] Tolangi, M. F., Rantung, J. P., Sibi, M., & Langi, J. E. (2012). ANALISIS CASHFLOW OPTIMAL PADA KONTRAKTOR PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN. Jurnal Sipil Statik.
Diterbitkan
2023-03-29