ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT RELOKASI PASAR HEWAN DI BANGSRI KABUPATEN JEPARA

  • saqifah hilmatunniyah universitas islam nahdlatul ulama jepara
  • Khotibul Umam
  • Yayan Adi saputro
Kata Kunci: lalulintas, vissim, parkir

Abstrak

Analisis ini dilatar belakangi oleh adanya relokasi pasar hewan bangsri yang mulai beroperasi pada 25 agustus 2022 hal ini menyebakan adanya penembahan beban lalu lintas dan dikarenakan pasar merupakan tempat baru dalam hal parkir masih terdapat maslah seperti kurang beraturan dalam memarirkan kendaraan. Maka dari itu diperlukan adanya analisis dampak lalulintas akibat relokasi pasar hewan bangsri, setelah dilakukan analisis didapatkan kapasitas simpang 4 bersinyal bangsri dengan pendekatan tertinggi yaitu pendekatan barat 830,55 smp dengan derajat kejenuhan tertinggi pada pendekatan utara 0,68 dan tundaan tertinggi terjadi pada pendekatan utara yaitu 30,4 dtk/smp dengan kategori D. Pada simpang 3 tak bersinyal jeruk wangi kapasitas simpang yaitu 1231 smp dan tingkat pelayanannya 0,41 dengan kategori B. analisis menggunaka Software Vissim dilakukan pada simpang 4 bersinyal bangsri output tingkat pelayanan yaitu LOS D dan simpang 3 tak bersinyal output tingkat pelayanan yatiu LOS A Kebutuhan ruang parkir pada pasar hewan bangsri yang harus disediakan untuk sepeda motor 99 SPR, kendaraan ringan 94 SPR, dan kendaraan berat 22 SPR

Referensi

[1] Abdulgani, H. (2022). Pemodelan Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Menggunakan Perangkat Lunak Vissim (Vol. 1, Issue 4).
[2] Anonim, (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga. Departemen Pekerjaan Umum RI.
[3] Fadhli, A., Wahyoni, D., Wijaya, H., & Farizi, R. N. (2023). Performance Of Signal By Pass Interview, Mandiangin Koto Selayan, Bukittinggi City Performa Simpang Bersinyal By Pass, Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Journal of Scientech Research and Development, 5(1). https://idm.or.id/JSCR/in
[4] Gara, G. S., & Idham, M. (2023). Penerapan Aplikasi Vissim Pada Evaluasi Ruas Jalan Kawasan Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai. Jurnal TeKLA, 5, 01–51.
[5] Handayani, R., & Widodo, S. (n.d.). Analisis Dampak Lalu Lintas Pada Gedung Family Karaoke Master Piece Signature Di Jalan Jendral Urip Pontianak.
[6] Jamani, W. Y., Hasyim, & Rohani. (2016). Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Akibat Pembangunan Rumah Sakit Graha Ultima Medika. Spektrum Sipil, 3, 81–91.
[7] Nadia Karunia, M., Abi Berkah Nadi, M., & Alfianto, D. (2021). Analisis Persimpangan Tak Bersinyal Menggunakan Software PTV Vissim (Studi Kasus: Jalan Urip Sumoharjo-Jalan Kimaja). In Original Article Journal of Infrastructure Planning and Design (Vol. 1, Issue 1).
[8] Pebriyetti, S., Widodo, S., & Akhmadali. (n.d.). Penggunaan Software Vissim Untuk Analisa Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Jalan Veteran, Gajahmada, Pahlawan Dan Budi Karya Pontianak, Kalimantan Barat).
[9] Prices, A. P., Yossyafra, Y., & Purnawan, P. (2023). Studi Analisis Dampak Lalu Lintas Dari Pengembangan Kawasan Pantai Tiku Kabupaten Agam. CIVED, 10(1), 13. https://doi.org/10.24036/cived.v10i1.122124
[10] Puji, U., Adi, S., Erwan, K., & Widodo, S. (n.d.). Analisis Kebutuhan Penyediaan Ruang Parkir Akibat Beroperasinya Rumah Sakit Kharitas Bhakti Di Jalan Siam Kota Pontianak.
[11] Tamin, O.Z., (2008). Perencanaan,Permodelan, dan Rekayasa Transportasi. ITB. Bandung.
[12] Wulandari, A., Basri, L., & Alifuddin, A. (2023). Kajian Kinerja Simpang Di Kota Raha (Studi Kasus Simpang Polsek Katobu). Journal of Scientech Research and Development, 5(2). https://idm.or.id/JSCR/index
Diterbitkan
2024-04-05