JURNAL PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN SANTRI BARU MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS MOBILE DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG

PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN SANTRI BARU MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS MOBILE DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG

  • Nasihul Umam UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ULUM
Keywords: Framework 7, Pendaftaran santri baru, Mobile, Pembayaran. Payment gateway permohonan

Abstract

Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang merupakan salah satu pondok pesanten besar yang berada di wilayah Jombang. Di mana dalam penerimaan santri baru (PSB) sudah menggunakan sistem penerimaan berbasis daring. Beberapa tahun yang lalu, PSB sudah mengembangkan satu aplikasi yaitu PSB unipdu yang bisa digunakan untuk gawai sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pendaftaran. Akan tetapi, masih ada kendala yaitu dalam pembayaran yang mengharuskan pendaftar untuk melakukan pembayaran melewati bank hanya yang sudah bekerjasama. Sehingga untuk pendaftar yang memiliki jarak yang jauh dengan bank kesulitan untuk melakukan pembayaran. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, studi pustaka, dan observasi lapangan. Salah satu solusi yaitu penambahan fitur untuk pembayaran pendaftaran menggunakan payment gateway (midtrans). Di mana pendaftar yang ingin membayar tidak harus pergi ke bank, cukup menggunakan payment gateway yang tersedia. Sistem pendaftaran santri baru ini dibangun menggunakan metode waterfall dengan tahapan yaitu Analisis kebutuhan (Requirements Analisys), desain sistem (system design), pengkodean (coding), pengujian (testing), serta penerapan dan perawatan (implementation and maintenance). Pembuatan sistem informasi ini menggunakan Bahasa pemrograman PHP dengan Framework 7 dan database MySQL. Sistem pendaftaran santri baru yang pembayaran nya terintregasi  melalui pihak ke 3 atau payment gateway dapat diakses melalui banyak metode pembayaran yang ada dan penambahan fitur notifikasi pengumuman serta penunjuk lokasi sekolah  kepada wali santri

References

[1] M. D. Hilmy, "Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Santri Baru (PSB) Online Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang Berbasis Framework7," 2020.
[2] S. M. ,. S. B. M. S. M. F. B. Ismail, "Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK Provinsi Gorontalo Berbasis Android," Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), p. 39, 2018.
[3] D. S. Irfan, "Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Reguler(Psb) Online Berbasis Web Dan Mobile Yang Terintegrasi Dengan Sms Gateway Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Pengasih," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 2015.
[4] Sunarya, "Penerapan Midtrans Payment gateway pada Official Site Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia," Raharja Open Journal System, pp. 1 - 13, 2019.
[5] R. Jamaludin, "Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall Pada SMA Kemala Bhayangkari I Medan," Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informatika, 2019.
[6] A. G. Winda Angela Hamka, "RANCANG BANGUN GAME EDUKASI BERBASIS WEB DAN ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 DAN ACTION SCRIPT 3.0," Indonesian Journal on Information System, p. 82, 2016.
[7] S. U. A. a. S. T. M. Ramadhani, "Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL," Jurnal Teknika 5(2), p. 479–84, 2013.
[8] I. D. F. M. M. Hudan, "Rancang Bangun Aplikasi E Voting Berbasis Android Menggunakan Framework 7 Studi Kasus Di Pimpinan Cabang Ipnu Ippnu Kabupaten Jombang," MISI (Jurnal Manajemen informatika & Sistem Informasi), 2020.
[9] T. A. S. Foundation, "Cordova," 09 Oktober 2018. [Online]. Available: https://cordova.apache.org/docs/en/latest/guide/ovrview.
[10] W. B. Bagye and M. Ashari, "Sistem infoormasi xx," Misi, pp. 14-20, 2018.
Published
2022-07-18
How to Cite
Umam, N. (2022). JURNAL PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN SANTRI BARU MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS MOBILE DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG: PENGEMBANGAN SISTEM PENDAFTARAN SANTRI BARU MENGGUNAKAN PAYMENT GATEWAY BERBASIS MOBILE DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG. JTINFO : Jurnal Teknik Informatika , 1(2), 55-64. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v1i2.315