Posyandu remaja Rancang Bangun Sistem Informasi Posyandu Remaja Berbasis Web Di Desa Karangdagangan

Sistem Informasi Posyandu Remaja

  • Sanjaya Khabibulloh Zuhri Universitas Pesantren tinggi Darul 'Ulum
Keywords: Rancang Bangun, Sistem informasi, Posyandu Remaja, Berbasis Web

Abstract

Posyandu Remaja adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dibantu oleh petugas posyandu. Posyandu remaja yang beradabdi desa Karangdagangan masih melakukan proses pencatatan tes kesehatankdan pengarsipan data kegiatan masih dilakukan secara manual menggunakan tulisan tangan sehingga menyebabkan banyak kendala dalam proses pengarsipan, pemantauan kesehtan remaja, dan pembuatan laporan kegiatan Posyandu remaja serta minimnya media konsultasi dengan bidan desa. Pada permasalahan yang dihadapi oleh petugas dan anggota posyandu remaja, langkah yang diambil dalam penyelesaian masalah ini yaitu melakukan penelitian untuk membangun sebuah sistem informasi posyandu remaja berbasis web. Sistem ini akan dibangun menggunkanan framework codeigniter dengan menerapkan metode pengujian prototyping. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sebuah sistem informasi posyandu remaja yang dirancang untuk mempermudah petugas posyandu untuk pengarsipan data kesahatan, data anggota, dan data kegiatan, sistem ini juga memudahkan anggota posyandu remaja untuk mendapatkan informasi kesehatan remaja serta melakukan konsultasi ke bidan desa. Beberapa menu yang akan penulis sertakan pada sistem ini yaitu menu untuk petugas posyandu seperti data kesehatan, data anggota, data kegiatan dan pembuatan akun anggota. Untuk menu yang berada di akun anggota seperti profil akun, grafik kesehatan, data kesehatan dan menu konusltasi. Dan menu yang berada di akun bidan desa yaitu data Kesehatan anggota serta menu konsultasi dari anggota.

 

Kata Kunci: Posyandu remaja berbasis website, framework codeigniter, MySql, Php, prototyping

References

Kamilah, F. (2020). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS WEB (STUDI KASUS: POSYANDU). JUSIBI-(JURNAL SISTEM INFORMASI DAN E-BISNIS) , II (4), 479.
Amalia. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI POSYANDU BERBASIS WEB PADA POSYANDU LIDAH BUAYA DESA MOJOTENGAH. II (1), 214. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern2007 Yogyakarta ANDI

Imam Soleh M, R. W. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI POS YANDU BERBASIS WEB. Jurnal Evolusi , V (2), 43.

Saputra, A. (2020). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PESERTA POSYANDU PADA PUSKESMAS UTAN KAYU UTARA BERBASIS SYANDU PADA PUSKESMAS UTAN KAYU UTARA BERBASIS. Jurnal TEKINFO , XXI (1), 29.

Iwan Setiawan, D. H. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Posyandu Ibu Dan Anak Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Posyandu Desa Pekuncen). Jurnal Teknik Informatika , XIII (1), 17.

Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Yuliani, Y. M. (2021). GAMBARAN PEMBENTUKAN KADER DAN PELAKSANAAN POSYANDU REMAJA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , IV (2), 266.

Herman. (2015). SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UMUM GRATI KABUPATEN PASURUAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN PROGRAM PHP DAN DATABASE MYSQL (1).

Asti Herlina, P. m. (2016). ISTEM INFORMASI MONITORING PENGEMBANGAN SOFTWARE PADA TAHAP DEVELOPMENT BERBASIS WEB. Jurnal Informatika, III (1), 41.

] Putry, I. J. (2021). Perancangan Aplikasi Rental Mobil Dengan Framework CodeIgniter
Published
2022-07-18
How to Cite
Khabibulloh Zuhri, S. (2022). Posyandu remaja Rancang Bangun Sistem Informasi Posyandu Remaja Berbasis Web Di Desa Karangdagangan: Sistem Informasi Posyandu Remaja. JTINFO : Jurnal Teknik Informatika , 1(2), 65-72. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v1i2.316