PENGEMBANGAN APLIKASI AR BOOK MATERI DAUR AIR DI MI MATHALIBUL HUDA MLONGGO

  • Muhammad Alie Muzakki Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara
Keywords: Augmented Reality; media pembelajaran; AR Book

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam mendukung aktifitas pembelajaran menjadi kebutuhan untuk beradaptasi dengan perubahan pola perilaku interaksi siswa dengan dunia maya. Terutama dalam pembelajaran pasca pandemic. Integrasi dengan teknologi informasi sebagai media pendukung pembelajaran menjadi salah satu faktor untuk mendukung keberhasilan ketercapaian proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis Augmented Reality di MI Mathalibul Huda Mlonggo. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengadopsi dari Borg and Gall. Keberhasilan penerapan hasil aplikasi ini ditunjukkan dengan hasil uji respon guru sebesar 90,58 dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk pemahaman siswa didapatkan skor posttest sebesar 86,41 pada kategori baik.

References

Arasu, Darshan & AnisBasharuddin, Syafiza & ZulailaZulShukor, Nur & Zainon, Wan Mohd Nazmee. (2018). A Review on Augmented Reality Technology. International Journal of Emerging Research in Management and Technology. 7. 22. 10.23956/ijermt.v7i1.19.
Octaviani, Laurensia & Harta, Johnsen & Winarta, Gevin. (2022). Development Of Assemblr Edu-Assisted Augmented Reality Learning Media On The Topic Of Effect Of Reactant’s Concentration And Catalyst On Reaction Rate: Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Pada Subtopik Pengaruh Konsentrasi Reaktan Dan Katalis Terhadap Laju Reaksi. Jcer (Journal of Chemistry Education Research). 6. 58-71. 10.26740/jcer.v6n1.p58-71.
Lukman. (2019). Implementasi Dan Testing Desain Sistem Berkas SOP Amikom Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi, XIV(2).
Lutfi, Ahmad, Fajri Profesio Putra dan Eko Prayitno. 2016. Multimarker Augmentes Reality sebagai Media Edukasi Bahaya Merokok. Jurnal Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT) Politeknik Bengkalis. Hal. 248
Made, N., Dewi, L. C., Agung, G. Negara, O. 2021. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha,8(1), 122–130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/index
Majeed Z, Ali H. 2020. A Review Of Augmented Reality in Educational Applications. International Journal of Advanced Technology and Engineering Exploration. Vol. 7, Issue 62, pp. 20–27. DOI : 10.19101/IJATEE.2019.650068.
Ramadhan, G., & Kusumaningtyas, R. H. (2021).Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Puskesmas Jatilawang. Applied Information System and Management (AISM), 2(1). https://doi.org/10.15408/aism.v2i1.20209
Sulisworo, D., Drusmin, R., Kusumaningtyas, D. et al. (2021). The Science Teachers’ Optimism Response to the Use of Marker-Based Augmented Reality in the Global Warming Issue. Education Research International 2021, ISSN:090-4002. https://doi.org/10.1155/2021/7264230.
Published
2023-02-23
How to Cite
Muzakki, M. A. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI AR BOOK MATERI DAUR AIR DI MI MATHALIBUL HUDA MLONGGO. JTINFO : Jurnal Teknik Informatika , 2(1), 47-51. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v2i1.505