USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS)

  • Kadek Dodi Authors
  • I Nyoman Tri Anindia Putra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • I Kadek Dodi Saputra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
Keywords: PUBG MOBILE, SUS

Abstract

ABSTRAK

Permainan simple disituasi ini sangatlah besar yaitu game mobile. Game sangat sederhana ini, lebih gampang dioprasikan dibandingkan game degan peralatan lengkap . game sederhana itu ialah Player unknown battle ground (PUBG Mobile) game yang sudah diunduh mencapai 1 Miliar pada tahun 2021.Projek ini berfungsi untuk dapat mengetahui hasil uji respon  pengguna aplikasi PUBG mobile menggunakan metode system usability scale (Sus). System Usability Scale (SUS) adalah salah satu  dari banyak banyaknya  usability testing method dalam Human-Computer and Interaction (HCI). SUS sangat mudah dan popular karena sangat mudah dijalankan dan sangat praktis digunakan saat melakukan perhitungan. SUS mulai diperkenalkan oleh Jhon Broke pada tahun 1986 di Digital [1].

References

[1] D. A. Febrianti, S. H. Wijoyo, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi Usability Web UniPin dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10547–10555, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[2] Nugrananda Janttaka, “Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung,” Inventa, vol. 4, no. 2, pp. 132–141, 2020, doi: 10.36456/inventa.4.2.a2683.
[3] I. N. Tri and A. Putra, “ANALISIS FRONT END SISTEM INFORMASI WEBSITE PT . BALI SWAKINARYA CIPTA Dosen Teknik Informatika STMIK STIKOM INDONESIA Abstract — System analysis is a description of an information system that has not been changed in various components which aims to evalu,” vol. 6, no. 02, pp. 79–89, 2021.
[4] D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1615–1626, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1356.
[5] N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.
[6] I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.
[7] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
[8] R. Yuwono, A. Wibowo, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability a dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5666–5673, 2019.
[9] R. P. Ramadhanu, F. G. Worang, S. J. C Wangke, R. P. Ramadhanu, F. G. Worang, and S. J. C Wangke, “a Qualitative Analysis of Microtransaction and Consumer Behavior of Online Games (Case Study: Pubg Mobile Games) Terhadap Transaksi Mikro Sebuah Analisa Kualitatif Dan Perilaku Konsusmen (Studi Kasus: Pubg Mobile Games),” J. EMBA J. …, vol. 10, no. 4, pp. 577–583, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43815%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43815/40088
[10] A. Nioga, K. C. Brata, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10, vol. 3, no. 2, pp. 1396–1402, 2019.
[11] Z. Miftah and I. P. Sari, “Analisis Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Sus,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, p. 40, 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7076.
[12] A. Sidik, “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile,” Technol. J. Ilm., vol. 9, no. 2, p. 83, 2018, doi: 10.31602/tji.v9i2.1371.
[13] M. Arroofi, A. Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale ( SUS ),” vol. 3, no. 5, pp. 4340–4348, 2019.
[14] A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.
[15] M. A. Kusumadya, R. Rasmila, F. Hidayat, and D. Chandra, “Analisis Website Petani Kode Menggunakan SUS (System Usabilty Scale),” J. Inform. Polinema, vol. 8, no. 4, pp. 41–46, 2022, doi: 10.33795/jip.v8i4.908.
Published
2023-07-26
How to Cite
Dodi, K., I Nyoman Tri Anindia Putra, & Saputra, I. K. D. (2023). USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS) . JTINFO : Jurnal Teknik Informatika , 2(2), 113-120. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v2i2.644