USABILTY TESTING GAME PUBG MOBILE DENGAN METODE SYSTEM USABILTY SCALE (SUS)
Abstract
ABSTRAK
Permainan simple disituasi ini sangatlah besar yaitu game mobile. Game sangat sederhana ini, lebih gampang dioprasikan dibandingkan game degan peralatan lengkap . game sederhana itu ialah Player unknown battle ground (PUBG Mobile) game yang sudah diunduh mencapai 1 Miliar pada tahun 2021.Projek ini berfungsi untuk dapat mengetahui hasil uji respon pengguna aplikasi PUBG mobile menggunakan metode system usability scale (Sus). System Usability Scale (SUS) adalah salah satu dari banyak banyaknya usability testing method dalam Human-Computer and Interaction (HCI). SUS sangat mudah dan popular karena sangat mudah dijalankan dan sangat praktis digunakan saat melakukan perhitungan. SUS mulai diperkenalkan oleh Jhon Broke pada tahun 1986 di Digital [1].
References
[2] Nugrananda Janttaka, “Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung,” Inventa, vol. 4, no. 2, pp. 132–141, 2020, doi: 10.36456/inventa.4.2.a2683.
[3] I. N. Tri and A. Putra, “ANALISIS FRONT END SISTEM INFORMASI WEBSITE PT . BALI SWAKINARYA CIPTA Dosen Teknik Informatika STMIK STIKOM INDONESIA Abstract — System analysis is a description of an information system that has not been changed in various components which aims to evalu,” vol. 6, no. 02, pp. 79–89, 2021.
[4] D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, pp. 1615–1626, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1356.
[5] N. Kadek Risma Juniantari and I. N. Tri Anindia Putra, “Analisis Sistem Informasi Dpmptsp Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 1, pp. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i1.2379.
[6] I. N. T. A. Putra, K. S. Kartini, P. W. Aditama, and S. P. Tahalea, “Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Nat. Sci. Eng., vol. 5, no. 1, p. 25, 2021, doi: 10.23887/ijnse.v5i1.29289.
[7] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI/UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 551, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.
[8] R. Yuwono, A. Wibowo, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability a dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 5666–5673, 2019.
[9] R. P. Ramadhanu, F. G. Worang, S. J. C Wangke, R. P. Ramadhanu, F. G. Worang, and S. J. C Wangke, “a Qualitative Analysis of Microtransaction and Consumer Behavior of Online Games (Case Study: Pubg Mobile Games) Terhadap Transaksi Mikro Sebuah Analisa Kualitatif Dan Perilaku Konsusmen (Studi Kasus: Pubg Mobile Games),” J. EMBA J. …, vol. 10, no. 4, pp. 577–583, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43815%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/43815/40088
[10] A. Nioga, K. C. Brata, and L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komputer; Vol 4 No 10, vol. 3, no. 2, pp. 1396–1402, 2019.
[11] Z. Miftah and I. P. Sari, “Analisis Sistem Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Sus,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, p. 40, 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7076.
[12] A. Sidik, “Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile,” Technol. J. Ilm., vol. 9, no. 2, p. 83, 2018, doi: 10.31602/tji.v9i2.1371.
[13] M. Arroofi, A. Kusumah, R. I. Rokhmawati, and F. Amalia, “Evaluasi Usability Pada Website E-commerce XYZ Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan System Usability Scale ( SUS ),” vol. 3, no. 5, pp. 4340–4348, 2019.
[14] A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.
[15] M. A. Kusumadya, R. Rasmila, F. Hidayat, and D. Chandra, “Analisis Website Petani Kode Menggunakan SUS (System Usabilty Scale),” J. Inform. Polinema, vol. 8, no. 4, pp. 41–46, 2022, doi: 10.33795/jip.v8i4.908.
Copyright (c) 2023 Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright and License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
-
Semua materi yang terkandung di situs ini dilindungi oleh hukum. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi website ini untuk tujuan komersial tanpa persetujuan dewan redaksi jurnal ini.
-
Jika Anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Teknik Informatika yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta Anda, harap laporkan kepada kami, melalui email ke Kontak.
-
Aspek hukum formal dari akses ke informasi dan artikel apa pun yang terdapat dalam situs web jurnal ini mengacu pada persyaratan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
-
Semua informasi yang dimuat dalam Jurnal Teknik Informatika adalah akademik. JTINFO tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan informasi dari situs ini
Jurnal Teknik Informatika dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.