SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SALES BERBASIS WEB DENGAN NOTIFIKASI WHATSAPP (STUDI KASUS PADA CV MITRA ABADI SEJAHTERA)

  • Ninik Dewi Susanti Universitas Muria Kudus
Keywords: Sistem Informasi Manajemen, Sales, Website

Abstract

Sales merupakan bentuk upaya menyebarluaskan segala sesuatu informasi produk yang dihasilkan oleh perusahaan dengan mengirimkan secara langsung informasi melalui seorang yang sudah di beri pertanggungjawaban tugas tersebut serta menampung data yang telah dipesan oleh konsumen. CV. Mitra Abadi Sejahtera merupakan perusahaan dalam bidang pelayanan pembelian segala macam perlengkapan rumah tangga. Pada manajemen sales yang ada di CV. Mitra Abadi Sejahtera masih belum terdata dengan baik. Data orderan masih dicatat secara manual dan sales yang mendistribusikan barang masih harus menanyakan terlebih dahulu untuk menentukan apakah barang tersedia atau tidak. Tujuan perancangan Sistem Informasi Manajemen Sales ialah diharapkan dapat membuat struktur penjualan pada CV. Mitra Abadi Sejahtera menjadi lebih relevan dan terstruktur, serta memberikan keefektivan melakukan pengelolaan data pada sistem yang masih manual menjadi terkomputerisasi. Pada proses yang ada di sistem informasi manajemen sales ini akan meliputi pengelolaan data penjualan sales untuk menerima laporan data penjualan, pengelolaan data barang, dan proses pengelolaan data master lainnya seperti data kategori, data produk, data toko, dan juga data transaksi antar sales dan toko dapat dikelola dalam sistem informasi manajemen sales ini. Sistem ini memanfaatkan notifikasi Whatsapp sebagai verifikasi akun untuk setiap sales. Dalam pengembangan sistem ini metode yang digunakan yaitu metode waterfall dan untuk metode perancangan sistemnya menggunakan perancangan Unified Modelling Language (UML). 

References

Husain, N. P. (2021). PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN PENJUALAN MOTOR CASH DAN CREDIT BERBASIS WEB ( STUDI KASUS PADA TOKO RAYA MOTOR KOTA PAREPARE ). 16.
Ismai. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (pp. 28–31).
Kristianto, Y., Informasi, S., Distribusi, M., Kristianto, Y., Teknik, F., & Informatika, J. T. (2018). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DISTRIBUSI. 1–6.
Nur Pratomo, J., Sakethi, D., & Kurniawan, D. (2021). Sistem Informasi Monitoring Sales Dalam Menjual Produk Dengan Fitur Sms Kode Verifikasi Berbasis Web (Studi Kasus Tunas Arta Mandiri). Jurnal Pepadun, 2(2), 211–220. https://doi.org/10.23960/pepadun.v2i2.72
Residence, A., Wonorejo, J., No, S., & Rungkut, K. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Web Manajemen Sales PT Suricon Gemilang Karya PT Suricon Gemilang Karya. 1.
Shalahuddin, S. &. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika: Bandung., 13,141,155-158, 161–163, 165-167 .
Sholekhah, L. Z., & Rahayu, T. (2022). Perancangan Sistem Informasi Monitoring Kinerja Sales Berbasis Web Menggunakan Konsep Gamification (Studi Kasus Sales Team …. Prosiding Seminar Nasional …, 365–379. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/2183%0Ahttps://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/download/2183/1669
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Published
2024-02-15
How to Cite
Dewi Susanti, N. (2024). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SALES BERBASIS WEB DENGAN NOTIFIKASI WHATSAPP (STUDI KASUS PADA CV MITRA ABADI SEJAHTERA). JTINFO : Jurnal Teknik Informatika , 3(1), 25-31. https://doi.org/10.02220/jtinfo.v3i1.738